Pendidikan sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa

Rabu, 23 Agustus 2017

Review Jurnal Media Pembelajaran PAI

Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V Sdn Kalianget Timur X
( Ernawati, Guru SDN Kaliangaet Timur X, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep, Paedagogia Vol. 3 – Agustus 2014 )

A.       Latar Belakang
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib di SD, karena di dalamnya mengandung ajaran-ajaran Agama Islam. Dalam pembelajaran PAI, media pembelajaran sangatlah penting, karena dengan mudah dapat membantu pemahaman siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan ialah dengan media CD. Media ini mempunyai peran yang sangat penting karena bisa mengilustrasikan kejadian yang ada pada zaman dahulu baik kondisi dan suasananya, terutama untuk menceritakan ‘kisah-kisah’ Nabi  yang dapat berpengaruh pada siswa dalam pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru.
Dalam menanggapi kasus ini, maka peneliti selaku guru SDN Kalianget Timur X melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada peningkatan pemahaman siswa kelas V SDN Kalianget Timur X, dengan judul PTK “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio-Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada siswa kelas V SDN Kalianget Timur X”.
B.       Masalah
Masalah yang diangkat dalam jurnal ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap penyampaian secara lisan sehingga peneliti memanfaatkan media CD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media CD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI materi menceritakan kisah Nabi di kelas V SDN Kalianget Timur X.
C.       Metodologi
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action  research), ditujukan untuk menggambarkan  bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang akan diperoleh (Akbar,  2009:19).
Subjek dalam penelitian melibatkan siswa kelas V SDN Kalianget Timur X Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang namun hanya 17 siswa yang dapat menuntaskan dan 3 siswa masih belum bisa menuntaskan.
D.       Landasan Teori
Menurut Kemmis dan Taggart ( Kasbolah 2001:63 ), penelitian tindakan adalah berbentuk spiral  dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Dalam setiap siklus tersebut harus ada planning ( rencana), action ( tindakan ),  observation ( pengamatan ), dan reflection ( refleksi ). Langkah pada siklus berikutnya ialah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus I, guru harus mengidentifikasi permalasahan. Setelah semua terah dilakukan maka dilakukan penyesuaian dari permasalahan sebelumnya. Agar dapat mengetahui apa saja yang kurang dan dapat diperbaiki pada siklus selanjtnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, lembar tes formatif, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam belajar.
E.       Hasil
Hasil dalam penelitian jurnal ini adalah hampir semua siswa mengalami peningkatan belajar. Hal ini dibuktikan dari beberapa siklus penelitian.  Dikarenakan siswa dapat memahami apa yang disampaikan dan suasana belajar menjadi kondusif. Dalam siklus pertama, hasil rata-rata tes belajar siswa yakni sebesar 60  dengan ketuntasan belajar siswa hanya 40 %. Namun setelah guru menggunakan media CD dalam proses pembelajaran PAI , pada siklus kedua mengalami peningkatan. Pada siklus kedua ini, rata-rata hasil belajar siswa mecapai 90 dan ketuntasan belajar 85 % atau hanya 3 siswa yang belum tuntas dari keseluruhan jumlah siswa kelas V sebanyak 20 orang.
F.        Kesimpulan
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran CD efektif dapat meningkatkan  hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
G.      Komentar
1.   Kelebihan :    Menurut pendapat saya, keunggulan yang terdapat dalam jurnal ini adalah bahwa dalam hasil penelitian ini  menunjukkan peningkatan pemahaman dan prestasi siswa dalam proses pembelajaran PAI, refrensi yang digunakan lebih mutakhir,dan  dalam jurnal ini terdapat grafik mengenai tingkat pemahaman dan prestasi siswa.


2.   Kekurangan :  Menurut pendapat saya, kelemahan yang terdapat dalam jurnal ini adalah jumlah peserta penelitian hanya sedikit yaitu hanya 20 orang, dan butuh pemikiran yang jenius untuk mengetahui betul mengenai hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Metode Iqra'

BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Al-qur’an merupakan dasar keyakinan keagamaan, keibadahan dan hukum. Membimbing manusia dalam...