Pemanfaatan
Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk
Meningkatkan
Hasil
Belajar PAI Pada Siswa Kelas
V Sdn Kalianget Timur X
(
Ernawati, Guru SDN Kaliangaet Timur X, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep, Paedagogia
Vol. 3 – Agustus 2014 )
A.
Latar Belakang
Pendidikan Agama Islam
merupakan mata pelajaran wajib di SD, karena di dalamnya mengandung
ajaran-ajaran Agama Islam. Dalam pembelajaran PAI, media pembelajaran sangatlah
penting, karena dengan mudah dapat membantu pemahaman siswa. Salah satu media
pembelajaran yang dapat digunakan ialah dengan media CD. Media ini mempunyai
peran yang sangat penting karena bisa mengilustrasikan kejadian yang ada pada
zaman dahulu baik kondisi dan suasananya, terutama untuk menceritakan
‘kisah-kisah’ Nabi yang dapat berpengaruh
pada siswa dalam pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru.
Dalam menanggapi kasus
ini, maka peneliti selaku guru SDN Kalianget Timur X melakukan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang difokuskan pada peningkatan pemahaman siswa kelas V SDN
Kalianget Timur X, dengan judul PTK “Pemanfaatan Media Pembelajaran
Audio-Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada siswa kelas V SDN
Kalianget Timur X”.
B.
Masalah
Masalah yang diangkat
dalam jurnal ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap penyampaian secara
lisan sehingga peneliti memanfaatkan media CD. Tujuan dari penelitian ini
adalah
untuk mengetahui keefektifan media
CD dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI
materi menceritakan kisah Nabi
di kelas
V SDN Kalianget
Timur X.
C.
Metodologi
Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan (action
research),
ditujukan untuk menggambarkan bagaimana
suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang akan diperoleh (Akbar, 2009:19).
Subjek dalam
penelitian melibatkan siswa kelas V SDN Kalianget Timur X Kecamatan Kalianget Kabupaten
Sumenep tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20
orang namun hanya 17 siswa yang dapat menuntaskan dan 3 siswa masih belum bisa
menuntaskan.
D.
Landasan Teori
Menurut Kemmis dan
Taggart ( Kasbolah 2001:63 ), penelitian tindakan adalah berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang
berikutnya. Dalam setiap siklus tersebut harus ada planning ( rencana), action
( tindakan ), observation (
pengamatan ), dan reflection ( refleksi ). Langkah pada siklus berikutnya
ialah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Sebelum masuk pada siklus I, guru harus mengidentifikasi permalasahan. Setelah
semua terah dilakukan maka dilakukan penyesuaian dari permasalahan sebelumnya.
Agar dapat mengetahui apa saja yang kurang dan dapat diperbaiki pada siklus
selanjtnya. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari silabus,
RPP,
LKS, lembar tes formatif, dan lembar pengamatan
aktivitas
siswa dalam belajar.
E.
Hasil
Hasil dalam penelitian
jurnal ini adalah hampir semua siswa mengalami peningkatan belajar. Hal ini
dibuktikan dari beberapa siklus penelitian.
Dikarenakan siswa dapat memahami apa yang disampaikan dan suasana
belajar menjadi kondusif. Dalam siklus pertama, hasil rata-rata tes belajar
siswa yakni sebesar 60 dengan ketuntasan
belajar siswa hanya 40 %. Namun setelah guru menggunakan media CD dalam proses
pembelajaran PAI , pada siklus kedua mengalami peningkatan. Pada siklus kedua
ini, rata-rata hasil belajar siswa mecapai 90 dan ketuntasan belajar 85 % atau
hanya 3 siswa yang belum tuntas dari keseluruhan jumlah siswa kelas V sebanyak
20 orang.
F.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian
maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran CD efektif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam
proses pembelajaran.
G.
Komentar
1. Kelebihan : Menurut pendapat saya, keunggulan yang
terdapat dalam jurnal ini adalah bahwa dalam hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan
prestasi siswa dalam proses pembelajaran PAI, refrensi yang digunakan lebih
mutakhir,dan dalam jurnal ini terdapat
grafik mengenai tingkat pemahaman dan prestasi siswa.
2. Kekurangan : Menurut pendapat saya, kelemahan yang
terdapat dalam jurnal ini adalah jumlah peserta penelitian hanya sedikit yaitu
hanya 20 orang, dan butuh pemikiran yang jenius untuk mengetahui betul mengenai
hasil penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar