Pendidikan sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa

Rabu, 23 Agustus 2017

Makalah Metode Iqra'


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Al-qur’an merupakan dasar keyakinan keagamaan, keibadahan dan hukum. Membimbing manusia dalam mengarungi hidupnya adalah sangat layak bila Al-qur‟an mendapat perhatian istimewa.Menurut persepsi islam, kehidupan dunia itu amat terkait dengan kehidupan akhirat. Sebab-sebab yang mendatangkan kebahagiaan hidup di dunia juga sama dengan sebab-sebab yang mendatangkan kebahagiaan hidup di akhirat.
Dari penjelasan diatas intinya bahwa kita dalam ajaran islam ada perintah untuk mendidik anak berdasarkan agama,sedangkan salah satu materi pendidikan agama adalah untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra. Melafalkan huruf hijaiyah merupakan kemampuan yang harus dimiliki anak, karena merupakan prasyarat untuk dapat melafalkan Al Qu’ran. Untuk dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dapat menggunakan metode iqra.
Dalam makalah ini, yang akan dibahas adalah tentang pengertian metode iqra’, sejarah metode iqra’, cara penerapan metode iqra’ dan tentang kelebihan dan kekurangan metode iqra’.

B.  Rumusan Masalah
1.        Apa pengertian metode iqra’ ?
2.        Bagaimana sejarah metode iqra’ ?
3.        Bagaimana cara menerapkan metode iqra’ ?
4.        Apa kelebihan dan kelemahan metode iqra’ ?

C.  Tujuan
1.        Memahami pengertian metode iqra’
2.        Mengetahui sejarah metode iqra’
3.        Mengetahui penerapan metode iqra’
4.        Memahami kelebihan dan kelemahan metode iqra’


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Metode Iqra’
1.      Pengertian Metode Iqra’
              Menurut Tayat Yusuf dan Saiful Anwar yang dikutip oleh Armai Arief secara etimologi metode berasal dari bahasa Yunani “metodos” yaitu suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan.
             Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.[1]
                  Iqra’ adalah metode Al-Qur’an bentuk syaufiyah yang dirancang untuk anak sekolah yang bentuk pengajarannya dimulai dari jilid 1-6.
               Metode Iqra’ adalah suatu metode membaca al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Maksudnya, metode iqra’ adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca yang dimulai dari tingkatan yang sederhana, tahap demi tahap sampai ke tingkat sempurna, sehingga dengan banyaknya siswa membaca tentunya semakin baik hafal dan lancar bacaannya.
                  Kitab Iqro’ dari ke-enam jilid tersebut ditambah satu jilid lagi yang berisi tentang doa-doa. Dalam setiap jilid terdapat petunjuk pembelajarannya dengan maksud memudahkan setiap orang yang belajar maupun yang mengajar Al-Qur'an.
                Metode ini dapat dilakukan dalam kelompok atau individu, mengingat nama dan arti metode ini dapat kita hubungkan dengan wahyu Allah SWT yang pertama, surat al-‘Alaq ayat satu yang berbunyi´Iqra’ bismirabbilkallzi khalaq´. Isi kandungan ayat tersebut adalah perintah membaca´.
                Metode iqro’ ini dalam prakteknya tidak membutuhkan alat yang bermacam-macam, karena ditekankan pada bacaannya (membaca huruf Al-Qur'an dengan fasih). Bacaan langsung tanpa dieja. Metode ini di dalamnya mengandung metode campuran dengan mengedepankan prinsip pembelajaran yang lebih efektif dan efesien. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ini dimulai dari mengenalkan huruf, tanda baca, pengenalan bunyi serta susunan kata dan kalimat yang harus dipahami dan dibaca serta dikembangkan lebih jauh kepada kata, kalimat dan bacaan yang lebih rumit disertai pemahaman prinsip-prinsip tajwid yang harus diperhatikan.[2]
2.      Ciri-Ciri Metode Iqra’
a)      Bacaan langsung tanpa dieja, artinya tidak diperkealkan nama-nama huruf hijaiyah
b)      Dengan cara belajar siswa aktif,  maksudnya yang ditekankan di sini adalah keaktifan siswa bukan guru.
c)      Lebih bersifat individual.
3.      Prinsip Metode Iqra’
a)    Tariqat Assntiyah (penguasaan/ pengenalan bunyi).
b)   Tariqat Attadrij (pengenalan perbedaan yang mudah kepada yang sulit).
c)    Tariqat Muqarranah (pengenalan perbedaan bunyi pada huruf yang hampir memiliki makhraj yang sama).
d)   Tariqat Latifatil Athfal (pengenalan melalui latihan-latihan).[3]
4.      Isi Buku Iqra’ dari Jilid 1-6
a)    Jilid 1
1)        Pengenalan bacaan huruf-huruf hijaiyah yang berbasis fathah sekaligus makhroj hurufnya, seperti :  اَ بَ تَ ثَ جَ حَ خَ............يَ
2)        Membedakan bacaan huruf-huruf tertentu, seperti : اَ-عَ  جَ-زَ  ذَ-ظ
3)        Membaca huruf-huruf secara acak, seperti :  اَ بَ ثَ تَ بَ
b)      Jilid 2
1)      Pengenalan tanda panjang, seperti : بَا  سَجَى  تَا 
2)      Pengenalan huruf sambung, seperti :خَطَبَ  جَعَلَ 
c)      Jilid 3
1)        Pengenalan tanda baca kasroh dan tanda baca panjang sekaligus memperkenalkan tanda sukun, seperti : اِ  هِ  بِيْ  نِيْ 
2)         Pengenalan tanda baca dhommah dan tanda baca panjang, seperti :
        بُوْ  بُ  لُوْ  هُ
d)     Jilid 4
1)      Pengenalan bacaan tanwin, seperti :اً اٍ اٌ  بً بٍ بٌ 
2)      Pengenalan Nun dan Mim sukun, seperti :اَنْ اِنْ اُنْ   اَمْ اِمْ اُمْ 
3)      Perbedaan Hamzah sukun (ءْ ) dengan Ain sukun (عْ ), dan kaf sukun dengan Qaf sukun (قْ) , seperti : تَأْكُلُ  اَعْمَى  اَكْرَمَ  اَقْوَمَ  
e)      Jilid 5
1)      Pengetahuan bacaan waqaf, seperti : نَسْتَعِيْنَ   اَبَدًا 
2)      Pengenalan bacaan panjang 5-6 harakat, seperti :لآاَعْبُدُ   وَلاَالضَآلِّيْنَ 
3)    Pengenalan bacaan tasydidi, seperti :     إِنَّ   ثُمَّ
4)      Pengenalan bacaan dengung, seperti :مِنْ مَقَامٌ   خَيْرٌ نِسَاءٌ 
5)      Pengenalan bacaan yang tidak dengung, seperti : مِنْ رَسُلِهِ   خَيْرٌلَكُمْ 
6)      Pengenalan Alif Lam Syamsyiah, seperti contoh :وَالنَّاسُ  
7)      Pengenalan Alif Lam Qomariyah, seperti :القَمَرُ 
8)      Pengenalan bacaan lafaz “Allah” yang sebelumnya berharakat fathah dan dhommah, seperti contoh :رَسُوْلُ اللهِ   تَااللهِ   اِنَّ اللهَ 
9)      Pengenalan bacaan lafaz “Allah” yang sebelumnya berharakat kasrah, seperti contoh :بِسْمِ اللهِ   بِاللهِ 
f)       Jilid 6
1)        Pengenalan Nun sukun atau tanwin bila bertemu dengan huruf Wau dibaca dengan dengung, seperti :مَنْ وَاحِدٍ حَيًّا وَنَبَا تًا
2)        Pengenalan Nun sukun atau tanwin bila bertemu dengan huruf Ba seperti Mim mati, seperti :مِنْ بَعْدِ رَسُوْلٌ بِمَا
3)        Pengenalan Nun mati atau Tanwin bertemu dengan huruf yang lima belas, maka dibaca samara-samar, seperti contoh :   اَنْتُمْ مِنْ جُوْعٍ
4)        Pengenalan bacaan waqaf lazim (م  ), Muthlaq ( ط), jaiz (ج) Qif ( قف), La Waqfa Fiih (لا ),seperti :  فَتَوَلَّ عَنْهُمْ يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ
5)        Pengenalan bacaan huruf-huruf Qolqolah yang bertasydid bila diwaqofkan, seperti :تَبَّتْ يَدَا اَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ 
            Untuk mengetahui kemampuan siswa apakah telah menguasai materi pelajaran, maka pada tiap jilid diakhiri dengan EBTA. Siswa yang cepat menguasai materi, akan cepat pula menyelesaikan buku Iqra’nya.[4]


B.  Sejarah Metode Iqra’
       Metode Iqro’ ini disusun oleh Ustadz As’ad Human yang berdomisili di Yogyakarta. Buku Iqra' karya KH. As‘ad Humam merupakan buku ajar membaca Al-Qur'an yang sangat popular di Indonesia. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) yang tersebar diberbagai daerah banyak yang menjadikan buku tersebut sebagai buku ajar resmi dalam pembelajarannya. Kepopuleran buku ini mungkin disebabkan atas kesesuaian dan keefektifannya dalam pembelajaran membaca al-Qur'an sehingga banyak anak yang berhasil membaca al-Qur'an dengan baik setelah mempelajarinya.
1.      Biografi Ustadz As’ad Human
            Nama asli dari KH. As‘ad Humam hanyalah As‘ad, sedangkan nama Humam yang diletakkan dibelakang adalah nama ayahnya, H Humam Siradj. KH As’ad Humam (alm) tinggal di Kampung Selokraman, Kotagede Yogyakarta. Ia adalah anak kedua dari 7 bersaudara. Darah wiraswasta diwariskan benar oleh orang tua mereka, terbukti tak ada satu pun dari mereka yang menjadi Pegawai Negeri Sipil. KH. As‘ad Humam sendiri berprofesi sebagai pedagang imitasi di pasar Bringharjo, kawasan Malioboro Yogyakarta. Profesi ini mengantarnya berkenalan dengan KH. Dachlan Salim Zarkasyi.
                 Pada tahun 1975, KH. As‘ad Humam menggunakan metode Qiro'ati yang disusun KH. Dachlan Salim Zarkasyi dari Semarang pada tahun 1963. Akan tetapi, kemudian ditemukan bahwa pengajaran Al-Qur'an denganmetode Qiro'ati tidak tartil, dan tidak adanya tajwid. Maka, dari Qiro'ati inilah kemudian muncul gagasan-gagasan KH. As‘ad Humam untuk mengembangkannya supaya lebih mempermudah penerimaan metode ini bagi santri yang belajar Al-Qur'an. Pengembangan penggunaan cara cepat belajar membaca Al-Qur'an dengan metode Iqra' yang disusun oleh KH. As’ad Humam ini pada awalnya hanya perantaraan dari mulut ke mulut atau getok tular, kemudian dengan ketekunan mampu dikembangkan secara luas dan diterima baik oleh masyarakat di Indonesia bahkan di dunia internasional, dengan dibantu aktivis yang tergabung dalam Team Tadrus AMM Yogyakarta.
2.      Faktor menemukan metode baru
                    Pada awal penyusunannya, KH. As‘ad Humam paling tidak merumuskan 3 faktor mengapa ia perlu menemukan metode baru dalam pembelajaran membaca al-Qur'an:
a)     Salah satu masalah umat Islam yang dihadapi dan cukup mendasar adalah prosentase generasi muda Islam yangtak mampu membaca al-Qur'an menunjukan indikasi yang meningkat. Generasi muda nampak semakin menjauhi al-Qur'an dan rumah tangga keluarga muslim terasa semakin sepi dari alunan bacaan ayat-ayat suci al- Qur'an. Padahal kemampuan dan kecintaan membaca al-Qur'an adalah merupakan modal dasar bagi upaya pemahaman dan pengamalan al-Qur'an itu sendiri.
b)    Nampak sekali bahwa lembaga-lembaga pengajian dan pengajaran al-Qur'an yang ada sekarang ini, belum mampu mengatasi masalah meningkatnya jumlah generasi muda yang tidak mampu membaca al-Qur'an. Pengajian anak-anak tradisional, yang dulunya berlangsung dengan semarak di kampung-kampung tiap ba’da mahgrib sampai isya, kini terlihat semakin kurang kuantitas dan kualitasnya. Hal ini di samping disebabkan oleh guru ngaji yang semakin langka, dana yang terbatas, sistem penyelenggaraan yang apa adanya, juga disebabkan oleh kalah bersaingnya dengan pengaruh-pengaruh dari luar seperti TV, film, video, radio, dan sebagainya. Sedangkan pengajaran membaca v lewat pendidikan agama di sekolah-sekolah formal, sangat terbatas waktu dan tenaga pengajarnya, sehingga sulit untuk bisa mengantarkan anak didiknya mampu membaca al-Qur'an.
c)       Terasa sekali bahwa metodologi pengajaran membaca al-Qur'an yang selama ini diterapkan di Indonesia, khususnya metode Juz Amma (Qowaidul Bagdadiyah), sudah saatnya untuk ditinjau kembali dan disempurnakan.

C.  Penerapan Metode Iqra’
     Metode iqra’ dikembangkan untuk mencapai sekurang-kurangnya tiga tujuan pembelajaran, yaitu :
1) Kemampuan memiliki pengetahuan.
2) Kemampuan memiliki keterampilan.
3) Pengembangan keterampilan.[5]
1.         Unsur-unsur metode iqra’ dalam pembelajaran Al-Qur’an
                 Unsur-unsur  metode Iqra’ dalam pembelajaran Al-Qur’an:
1)   Para siswa harus memiliki persepsi perlunya mempelajari al-Qur’an
2)   Para siswa harus mengerti tujuan mempelajari al-Qur’an.
3)   Para harus memiliki tanggung jawab terhadap dirinya untuk keterampilan membaca al-Qur’an.
4)   Para siswa harus mengetahui bahwa membaca al-Qur’an yang baik, lancar dan benar termasuk ibadah.
5)   Para siswa harus tahu kebenaran membaca al-Qur’an sangat penting terutama dalam ibadah shalat.
2.        Metode Pembelajaran Iqra’
                 Metode pembelajaran iqra’ adalah:
1)   CBSA, siswa aktif membaca sendiri setelah dijelaskan pokok bahasanya, guru hanya menyimak tidak menuntun. Belajar aktif tidak hanya diperlukan untuk menambah gairah, namun juga untuk menghargai perbedaan individual dan keragaman kecerdasan.
2)   Privat menyimakan seorang demi seorang secara bergantian.
3)   Asistensi. Maksudnya, siswa yang lebih tinggi pelajaranya dapat membantu menyimak santri lain. Strategi ini baik digunakan untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada temanya. Jika selama ini ada pameo yang mengatakan bahwa metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain, maka strategi ini akan sangat membantu peserta didik dalam mengajarkan kepada teman sekelas.
4)   Siswa tidak diperkenalkan tanda baca, yang penting betul membacanya
5)   Komunikatif, beri sanjungan kepada siswa apabila bacaan betul.
6)   Bagi siswa yang betul-betul menguasai pelajaran dan sekiranya mampu dipacu, maka membacanya boleh diloncat-loncatkan agar cepat selesai.[6]
3.        Cara Mengajarkan Metode Iqra’
              Susunan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode iqra’ sebagaimana diuraikan oleh Yusur Mukhtar adalah:
1)   Guru harus mengetahui kondisi awal siswa, agar dapat menentukan jilid berapa bagi siswa yang bersangkutan untuk mempelajarinya.
2)   Guru menyimak satu persatu siswa yang sedang belajar sambil mencatat pada kartu prestasi siswa atau pada buku daftar nilai siswa.
3)   Guru hanya menunjukkan pokok-pokok pelajaran saja, tidak perlu mengenalkan istilah-istilah.
4)   Perlu menggunakan asisten atau menggunakan tutor sebayayang sudah bisa membaca untuk membimbing teman-temannya yang lain dan mencatat prestasi pada kartu prestasi siswa.
5)   Untuk beralih/pindah jilid (materi lain) ditentukan oleh guru pengajar, sementara untuk pindah halaman lain cukup dengan guru pembimbing/tutor sebaya.
6)   Bagi siswa yang lebih cerdas, tidak perlu membaca setiap halaman secara penuh.
7)   Perlu diperbanyak latihan-latihan secara berulang-ulang untuk memantapkan pengenalan huruf.
Dilihat dari tujuh langkah pembelajaran di atas, maka terlebih dahulu memulai pembelajaran dengan menginformasikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar.

Kemudian, dilanjutkan dengan langkah-langkah dimana siswa di bawah bimbingan guru bersama-sama untuk menyelesaikan/melaksanakan tugas yang diberikan guru, serta menguji apa yang sudah dipelajari dengan usaha-usaha siswa itu sendiri.[7]

D.      Kelebihan dan Kelemahan Metode Iqra’
1.    Kelebihan
a)    Siswa lebih cepat dapat membaca Al-Qur’an
b)   Adanya buku (modul) yang mudah dibawa dan dilengkapi oleh beberapa petunjuk teknis pembelajaran bagi guru serta pendidikan dan latihan guru agar buku iqra’ ini dapat dipahami dengan baik oleh guru, para guru dapat menerapkan metodenya dengan baik dan benar.
c)    Sistematis dan mudah diikuti: pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit; dari yang sering didengar, yang mudah diingat ke yang sulit didengar dan diingat.
d)   Menggunakan sistem asistensi, yaitu santri yang lebih tinggi tingkat pembelajaranya membina siswa yang berada di bawahnya. Meski demikian proses kelulusan tetap ditentukan oleh guru dengan melalui ujian.
e)    Guru mengajar dengan pendekatan yang  komunikatif, seperti dengan menggunakan bahasa peneguhan saat siswa membaca benar, sehingga siswa termotivasi, dan dengan teguran yang menyenangkan jika terjadi kesalahan.
f)    Bersifat privat (individual). Setiap siswa menghadap guru untuk mendapatkan bimbingan langsung secara individual. Jika pembelajaran terpaksa dilakukan secara kolektif maka guru akan menggunakan buku Iqra’ klasikal.
g)   Buku dengan metode ini bersifat fleksibel untuk segala umur dan buku mudah didapatkan dari toko-toko.[8]
2.    Kelemahan
a)    Anak kurang tahu nama huruf hijaiyah karena tidak diperkenalkan dari awal pembelajaran.
b)   Anak kurang tahu istilah atau nama-nama bacaan dalam ilmu tajwid.
c)    Tak dianjurkan menggunakan irama murottal.



BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
      Iqra’ adalah metode Al-Qur’an bentuk syaufiyah yang dirancang untuk anak sekolah yang bentuk pengajarannya dimulai dari jilid 1-6.
     Metode Iqra’ adalah suatu metode membaca al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Maksudnya, metode iqra’ adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca yang dimulai dari tingkatan yang sederhana,tahap demi tahap sampai ke tingkat sempurna, sehingga dengan banyaknya siswa membaca tentunya semakin baik hafal dan lancar bacaannya.
     Metode Iqro’ ini disusun oleh Ustadz As’ad Human yang berdomisili di Yogyakarta. Buku Iqra' karya KH. As‘ad Humam merupakan buku ajar membaca Al-Qur'an yang sangat popular di Indonesia. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) yang tersebar diberbagai daerah banyak yang menjadikan buku tersebut sebagai buku ajar resmi dalam pembelajarannya. Kepopuleran buku ini mungkin disebabkan atas kesesuaian dan keefektifannya dalam pembelajaran membaca al-Qur'an sehingga banyak anak yang berhasil membaca al-Qur'an dengan baik setelah mempelajarinya.
     Metode pembelajaran iqra’ adalah:
1)     CBSA
2)     Asistensi.
3)     Siswa tidak diperkenalkan tanda baca, yang penting betul membacanya .
4)     Komunikatif.
5)  Bagi siswa yang betul-betul menguasai pelajaran dan sekiranya mampu dipacu, maka membacanya boleh diloncat-loncatkan agar cepat selesai.
Kelebihan dan kekurangan metode iqra’ adalah:
1)   Siswa lebih cepat dapat membaca
2)   Adanya buku (modul) yang mudah dibawa dan dilengkapi oleh beberapa petunjuk teknis pembelajaran bagi guru serta pendidikan dan latihan guru agar buku iqra’ ini dapat dipahami dengan baik oleh guru, para guru dapat menerapkan metodenya dengan baik dan benar.
3)   Sistematis dan mudah diikuti: pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit; dari yang sering didengar, yang mudah diingat ke yang sulit didengar dan diingat.
4)   Menggunakan sistem asistensi, yaitu santri yang lebih tinggi tingkat pembelajaranya membina siswa yang berada di bawahnya. Meski demikian proses kelulusan tetap ditentukan oleh guru dengan melalui ujian.
5)   Guru mengajar dengan pendekatan yang  komunikatif, seperti dengan menggunakan bahasa peneguhan saat siswa membaca benar, sehingga siswa termotivasi, dan dengan teguran yang menyenangkan jika terjadi kesalahan.
6)   Bersifat privat (individual). Setiap siswa menghadap guru untuk mendapatkan bimbingan langsung secara individual. Jika pembelajaran terpaksa dilakukan secara kolektif maka guru akan menggunakan buku Iqra’ klasikal.
7)   Buku dengan metode ini bersifat fleksibel untuk segala umur dan buku mudah didapatkan dari toko-toko.
Kelemahan:
1)   Anak kurang tahu nama huruf hijaiyah karena tidak diperkenalkan dari awal pembelajaran.
2)   Anak kurang tahu istilah atau nama-nama bacaan dalam ilmu tajwid.
3)   Tak dianjurkan menggunakan irama murottal.



DAFTAR PUSTAKA

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi Standart proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemah. Surabaya: CV. KaryaUtama.
Budiyanto.1995.  Prinsip-Prinsip Metodologi Iqra’. Yogyakarta: Tadrus.
Humam, As’ad. 2000. Buku Iqra’ , Cara Cepat Belajar Membaca al-Qur’an, Jilid 1-6. Yogyakarta: AMM.
Budiyanto, dkk. 2003. Ringkasan Pedoman Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Membaca, Menulis, Memahami, Mengamalkan, dan Memasyarakatkan al-Qur’an. Yogyakarta: AMM.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam ( Pengembangan Pendidikan Intergratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat ). Yogyakarta : LkiS.



[1] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran berorientasi Standart proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012), hlm. 147
[2] Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah, (Surabaya: CV. KaryaUtama, 2010), hlm. 846
[3] Budiyanto, Prinsip-Prinsip Metodologi Iqra’, (Yogyakarta: Tadrus, 1995), hlm. 15
[4] As‟ad Humam, Buku Iqra’ , Cara Cepat Belajar Membaca al-Qur’an, Jilid 1-6, Yogyakarta: AMM, 2000, hal.1
[5] Buditanto, hlm. 16
[6] H.M. Budiyanto, dkk., Ringkasan Pedoman Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Membaca, Menulis, Memahami, Mengamalkan, dan Memasyarakatkan al-Qur’an, Yogyakarta: AMM, 2003, hlm. 38-43.
[7] Budiyanto, dkk. hlm. 43
[8] Moh.Roqib, Ilmu Pendidikan Islam ( Pengembangan Pendidikan Intergratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat ), ( Yogyakarta : LkiS, 2009 ). h. 104

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Metode Iqra'

BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Al-qur’an merupakan dasar keyakinan keagamaan, keibadahan dan hukum. Membimbing manusia dalam...